Masa kanak-kanan adalah masa yang penting untuk tumbuh kembangnya. Sayangnya, tidak semua anak dapat menikmati masa pertumbuhan dengan baik karena masalah kesehatan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Terutama, anak-anak di daerah terpencil dan kekurangan dengan akses kesehatan yang sulit dan perekonomian rendah. Untuk itu, donasi kesehatan UNICEF menjadi wadah untuk meningkatkan kesehatan anak agar pertumbuhan mereka lebih maksimal.

 

Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi Pada Anak

Anak-anak dibayangi dengan berbagai masalah kesehatan yang kadang dianggap sepele. Padahal, bila tidak mendapatkan penanganan yang benar, penyakit pada anak-anak dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Berikut ini beberapa penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak.

  • Kekurangan gizi

Kekurangan gizi atau gizi buruk jadi salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak. Kurangnya asupan makanan yang bernutrisi jadi salah satu faktor utamanya. Selain itu, sanitasi dan air bersih yang tidak memadai turut memperparah gizi buruk pada anak-anak. Akibatnya, pertumbuhan anak-anak akan terhambat akibat stunting.

  • Diare

Selain gizi buruk, diare juga sering terjadi pada anak-anak. Diare umumnya terjadi akibat infeksi saluran pencernaan. Ketika mengalami diare, anak-anak juga akan mengalami gejala lain seperti muntah, sakit perut, demam, hingga dehidrasi.

 

Di daerah dengan sanitasi dan kualitas air bersih yang rendah, kasus diare kerap kali dijumpai. Meski terkesan umum, tapi jika penyakit diare tidak ditangani dengan benar dapat berakibat fatal bagi anak-anak. Terlebih lagi di daerah yang akses kesehatannya masih sulit.

  • ISPA

Anak-anak butuh donasi nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Saat sistem imun meningkat, anak-anak cenderung lebih cepat sembuh ketika terserang penyakit, tak terkecuali penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Kondisi ini umumnya ditandai dengan gejala demam, batuk, dan pilek. 

 

Selain tiga penyakit di atas, anak-anak juga sering kali mengalami demam karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Untuk meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia, Anda dapat bergabung dengan program UNICEF. Tak perlu khawatir soal pendekar anak UNICEF penipuan, sebab Anda akan memperoleh laporan dari setiap program yang dijalankannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *