Rambut rontok termasuk kondisi yang umum terjadi. Dalam 1 hari, normalnya ada sekitar 50–100 helai rambut yang rontok. Jika jumlahnya lebih dari itu lalu berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan harus diwaspadai

Rambut rontok memang dapat ditangani secara medis, misalnya dengan obat penumbuh rambut, terapi laser, atau prosedur transplantasi rambut. Namun, Anda juga bisa mencoba menggunakan vitamin untuk rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Walaupun kesannya sederhana, beberapa cara alami cukup ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi  rambut rontok:

1. Tidak terlalu sering keramas

Banyak orang mengira keramas setiap hari bisa menjaga kondisi rambut tetap sehat. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut rusak, mudah patah, kering dan terlihat lebih tipis.

Bukan hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya secara kencang menggunakan handuk juga bisa membuat rambut mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, agar rambut tidak mudah rontok, Anda disarankan untuk keramas sebanyak 1–3 kali seminggu saja lalu mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

2. Terapkan pola hidup sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia atau kurang darah, bisa menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu, stres berlebihan juga sering kali menjadi penyebab kerontokan rambut.

Oleh sebab itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah menjalani pola hidup sehat, yakni dengan meredakan stres, berolahraga secara rutin, meluangkan waktu untuk meditasi, dan mencukupi waktu tidur.

3. Tata rambut dengan lembut

Berbagai metode penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, bisa membuat rambut rusak dan kering juga mengiritasi kulit kepala. Sedangkan kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi lebih mudah rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penataan rambut yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda hendak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena bisa membuat rambut cepat rusak.

4. Cukupi asupan nutrisi

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, memenuhi asupan nutrisi juga baik menjaga kesehatan rambut. Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan bagian dari cara untuk mengatasi rambut rontok dari dalam. Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok ialah:

  • Protein dan omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan asam lemak omega-3, seperti ikan Salmon dan telur agar kulit kepala menjadi lebih sehat dan rambut tumbuh kuat dan berkilau.

  • Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, di antaranya ialah vitamin A, vitamin B, Vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Asupan vitamin ini dipercaya bisa mencegah dan mengatasi rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala, juga menyuburkan rambut.

  • Zinc

Zinc atau seng berperan penting dalam pertumbuhan serta perbaikan jaringan rambut lalu menjaga kelembapan alami rambut. Kekurangan asupan zinc ternyata dapat  menyebabkan rambut mudah rontok.

Selain mengatasi rambut rontok seperti cara diatas, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung zinc. Sebagai contoh, rangkaian produk Dove Perawatan Rambut Rontok yang diperkaya dengan zinc.

Dove Total Hair Fall Treatment mempunyai kandungan khusus Nutrilock Serum dan Dynazinc untuk menutrisi setiap lembar rambut dari akar sampai ujung. Hasilnya, kerontokan rambut berkurang, rambut semakin kuat dan terlihat cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *