Memiliki seorang bayi membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ketika merawatnya, terlebih karena bayi suka rewel dan kadang menangis di malam hari.

Untuk menangani bayi rewel malam hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti misalnya menggendongnya, membaringkannya, memberinya susu dan lain sebagainya.

Adapun, penyebab bayi rewel malam hari, umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Sebetulnya bayi bisa menangis kapan saja, entah itu siang, pagi ataupun malam. Namun, penyebab atau alasan kenapa bayi menangis biasanya disebabkan karena hal hal berikut.

Penyebab Bayi Rewel

1. Lapar

Sebagai seorang manusia, bayi juga tentu saja memiliki rasa lapar. Hanya saja, bayi berbeda seperti orang dewasa yang jika lapar bisa langsung mencari makanan untuk dilahap.

Bayi akan memberikan respon berupa tangisan untuk menandakan ia butuh makanan. Sebagai seorang Ibu atau Ayah, anda harus memberi makan bayi secara rutin agar ia tidak mengalami kelaparan.

Makanan yang diberikan tentu saja adalah makanan yang sesuai dengan usianya, seperti misalnya ASI, susu ataupun makanan makanan bertekstur lembek.

2. Popok Basah

Penyebab lain dari bayi rewel di malam hari adalah karena popok yang digunakan telah basah. Hal ini tentu saja akan membuat bayi tidak nyaman sehingga ia akan menangis.

Maka dari itu, sebagai orang tua, anda seharusnya mengecek popok bayi secara rutin, utamanya sebelum bayi tidur di malam hari.

Pergantian popok yang telat akan membuat bayi terbangun dan menangis di malam hari. Hal ini tentu saja secara tidak langsung akan mengganggu aktivitas tidur nyenyak anda.

3. Kelelahan

Bayi menangis di malam hari adalah hal normal. Hal itu bisa disebebakan oleh rasa lelah yang dirasakannya.

Lelah yang dirasakan oleh bayi tentu saja berbeda dengan rasa lelah yang dirasakan oleh orang dewasa. Lelah yang dirasakan bayi biasanya disebabkan oleh hal hal baru yang terjadi di sekitarnya.

Selain kelelahan, bayi juga bisa menangis ketika merasakan kesepian. Maka dari itu, jika bayi menangis di malam hari, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggendongnya agar ia tidak merasa kesepian.

4. Ingin Bergerak

Terkadang ada bayi yang aktif dan ingin bergerak secara bebas. Berbaring di tempat tidur dalam waktu yang lama akan membuat bayi bosan dan ingin bergerak. Maka dari itu, biasanya ia akan menangis di tempat tidurnya.

Sama seperti sebelumnya, untuk mengatasi bayi yang menangis di malam hari karena alasan ini anda bisa menggendongnya untuk membuat tangisannya reda.

5. Tangisan Kolik

Tangisan jenis ini biasanya ditandai dengan tangisan bayi dalam rentang waktu lebih dari 3 jam dalam sehari semalam. Tangisan kolik biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan pada bayi.

Selain itu, tangisan kolik juga disebabkan oleh ungkapan emosinal bayi dan sensitifitas bayi dari rangsangan tertentu. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggendong bayi atau membaringkannya di pangkuan anda sambil mengusap usap badannya secara lembut agar bayi anda merasa nyaman.

6. Penyakit Tertentu

Jika bayi anda menangis dalam waktu lama dan sering, anda perlu mewaspadai gangguan tertentu yang terjadi pada bayi anda.

Apalagi jika misalnya, bayi anda menunjukan gejala tertentu seperti misalnya diare, demam, muntah, lesu dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan dilakukan penangangan. Dokter nantinya akan mendiagnosa apakah tangisan bayi anda disebebkan oleh hal hal yang bersifat normal atau dikarenakan penyakit tertentu yang menjangkitinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.