Musim hujan sering dianggap musim repot, maklum riding gear termasuk helm jika kehujanan, basah, dan tidak nyaman digunakan. Belajar Helm pun membagikan tips bagaimana merawat helm di musim hujan.

Merawat helm perlu dilakukan dengan baik agar aman dan nyaman saat dikenakan, terlebih pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Merembesnya air hujan ke dalam helm dan bahkan kelembaban udara di musim hujan bisa menyebabkan helm  berbau hingga berjamur jika tidak dirawat dengan baik.

Ratno Susanto yang kerap dipanggil Jawa dari Belajar Helm pun membagikan kiat merawat helm di musim hujan. Langkah pertama, “Mulai dari pelepasan busa helm, dan di angin-anginkan agar pori-pori busa tidak berjamur.”

Dengan mengangin-anginkan bagian dalam helm untuk membuatnya lebih kering sangat disarankan. Jika dikeringkan dengan cara dijemur atau ditiup hair dryer, hanya akan membuat busa helm menjadi cepat rusak, terang Jawa yang ditemui saat Jakarta Helmet Exhibition 2021 di FX Sudirman, Jakarta (31/10/2021).

Namun, jika helm basah kehujanan, Jawa menjelaskan, ” Helm langsung dicuci dengan sabun cair dan dilap dengan microfiber.” Mencuci helm dengan sabun cair, agar tetap dalam keadaan bersih dan segar. Tidak hanya itu, pengeringan dengan microfiber agar menghindari goresan pada helm itu. Jangan lupa kemudian diangin-anginkan juga.

“Selanjutnya untuk perawatan tambahan, agar lebih bersih maksimal dan nyaman untuk dipakai, bisa gunakan spray anti bakteri helm agar terasa lebih segar saat helm kembali digunakan,” pungkas Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.