Setiap ban mobil pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun belum semua orang mengerti tentang arti ukuran ban mobil. Meskipun demikian saat mengganti ban mobil di bengkel pastinya ban mobil Anda diganti dengan ukuran yang tepat.

Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi karena tidak mengetahui ukuran ban. Ban sendiri merupakan bagian yang penting untuk kendaraan dimana memiliki fungsi untuk alas kaki yang mendukung mobil untuk dapat bergerak sekaligus sebagai penopang beban.

Jika tidak ada ban, maka pastinya mobil tidak akan bisa digunakan.

Apa Sih, Arti Ukuran Ban Mobil Sebenarnya?

Setiap mobil memiliki standar ukuran ban yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus mengetahui arti ukuran ban mobil agar tidak salah pilih ban.

Untuk mengetahuinya Anda dapat mengecek dinding ban. Biasanya para produsen mobil sudah mencantumkan ukuran dan detail lainnya mengenai produk mobil mereka yang berada di sisi dinding mobil. Hal ini pastinya bertujuan agar memudahkan sang pemilik mobil nantinya dapat menentukan ban mana yang tepat untuk mobilnya.

Pada dinding ban pastinya akan ada deretan angka dan huruf yang merupakan detail ban. Setiap angka dan huruf yang tercantum memiliki arti ukuran ban mobil tersendiri. Sseperti ukuran ban, besaran tekanan udara, hingga tekanan ban maksimal yang mampu ditahan.

Berikut ini adalah penjelasannya:

Jenis Ban

Huruf “P” yang terdapat pada ukuran ban berarti bahwa ban tersebut merupakan ban P-Metric. P-Metric mengacu pada ban yang dibuat dengan suatu standar tertentu di Amerika Serikat yang ditujukan untuk digunakan oleh kendaraan penumpang.

Jika pada ukuran ban tidak memiliki huruf di awalnya maka hal tersebut menunjukkan ban Metrik Euro. Ban P-Metric dan Euro-Matric mungkin memiliki kapasitas beban yang berbeda. Sementara itu, untuk kendaraan berjenis truk akan memiliki huruf “LT” baik itu di depan atau di akhir ukuran ban.

Lebar Ban

Lebar ban diukur dalam milimeter dari dinding samping hingga ke dinding samping lainnya. Ukuran lebar ban ini mengacu pada tiga digit angka pertama pada ukuran ban. Sebagai contoh, ukuran ban tercantum P225/70 R16, maka berarti lebar ban adalah 225 milimeter.

Aspek Rasio

Aspek rasio merupakan perbandingan tinggi penampang ban dengan lebarnya. Letaknya berada pada angka dua digit setelah tanda garis miring dalam ukuran ban.

Contohnya pada ukuran ban P225/70 R16 maka arti ukuran ban mobil bagian aspek rasionya yaitu angka 70. Biasanya semakin besar aspek rasionya maka akan semakin besar pula ukuran dinding samping bannya.

Konstruksi

Dalam ukuran ban terdapat huruf “R”, huruf ini adalah singkatan dari Radial yang mengartikan¬† lapisan-lapisan tersebut melapisi ban secara radial.

Diameter Roda

Diameter roda diukur dari jarak satu sisi ke sisi lainnya yang mengisyaratkan ukuran roda yang sesuai dengan ban. Contohnya pada ukuran ban P225/70 R16 berarti untuk roda berdiameter 16 inci.

Kode Batas Beban Tumpuan

Kode batas beban tumpuan yang dapat ditopang masing-masing ban berada di dua angka paling akhir sebelum huruf. Dalam contoh ukuran ban P225/70 R16 91S, maka kode batas beban tumpuannya yaitu 91 yang berarti kendaraan mampu menahan beban total 600 kg.

Contoh lainnya yaitu kode 70 beban maksimalnya 335 kg, 75 beban maksimalnya 387 kg, 80 beban maksimalnya 450 kg, 90 beban maksimalnya 600 kg, 90 beban maksimal 800 kg.

Kode Speed Rating

Kode ini yaitu huruf terakhir dalam ukuran ban. Contohnya P225/70 R16 91S maka kode speed ratingnya huruf S. Selain H ada juga kode maksimum lain seperti J, H, Q, T, U, V, W dan Y. Lambang J paling rendah yaitu 100km/jam dan Y merupakan yang paling tinggi yaitu 300km/jam.

Itulah arti ukuran ban mobil lengkap dengan contohnya. Sebaiknya Anda memahami ukuran ban ini agar nantinya jika Anda ingin mengganti ban sendiri, Anda dapat memilih ban dengan ukuran yang pas dan benar.

Sebenarnya pemilik mobil juga dapat meningkatkan ukuran roda kendaraannya akan tetapi peningkatan ukuran tersebut masih dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Selain itu, hal yang juga harus diperhatikan yaitu Load Index nya harus tetap sama dengan rekomendasi produsen mobil atau yang tertera pada ban aslinya.

Hal ini karena menyangkut kemampuan ban yang sudah dihitung produsen mobil. Selain ukuran ban, Anda juga harus menyesuaikan dengan fungsi ban untuk jalan seperti apa. Apakah biasa, jalan mulus, agak kasar, hingga jalan yang sangat buruk. Jalan-jalan tersebut tentunya membutuhkan ban yang berbeda, karena itu Anda juga harus menyesuaikannya.

Demikianlah pembahasan tentang arti ukuran ban mobil. Jika ban mobil Anda mengalami masalah maka segera bawa ke bengkel ban terdekat. Untuk mendapatkan bengkel mobil dengan mudah Anda dapat memanfaatkan Otoklix. Melalui Otoklix Anda dapat dengan mudah booking service, ganti ban, oli, rem, dan lain sebagainya. Otoklix juga telah bermitra dengan lebih dari 2000 bengkel umum di Jabodetabek dengan biaya servis yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.