Berikut niat sholat Idul Adha sendiri dan berjamaah lengkap dengan tata caranya. Selain itu, terdapat juga pedoman pelaksanaan sholat Idul Adha 2021 di rumah. Diketahui, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Sholat Idul Adha dilaksanakan pada waktu terbit hingga tergelincirnya matahari. Menilik kebiasaan masyarakat Indonesia, sholat Idul Adha biasanya dilaksanakan sekira pukul 07.00 waktu setempat. Hukum pelaksanaan sholat Idul Adha yakni sunnah muakkad yang berarti suatu ibadah sunnah yang ditekankan atau hampir mendekati wajib.

Dikutip dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa’i, berikut niat dan tata cara salat Idul Adha: Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa Artinya:

"Aku berniat Sholat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala." Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta’aalaa Artinya:

"Aku berniat Sholat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala." Berikut panduan tata cara shalat Idul Adha di rumah, bisa sendiri atau berjamaah dengan keluarga, dilansir laman Kemenag. Pelaksanaan shalat Idul Adha di rumah ini sama seperti tata cara shalat Id bila dikerjakan di lapangan atau masjid.

Namun jika jumlah jamaah kurang dari empat orang, maka shalat Idul Adha boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah. Selain itu, apabila dalam pelaksanaan shalat Id di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khotbah, maka boleh dilakukan tanpa khotbah. Shalat Idul Adha terdiri atas dua rakat. Setiap rakaat disunahkan mengucapkan takbir. Pada rakaat pertama 7 kali takbir. Kemudian pada rakaat kedua, 5 kali takbir.

Berikut ini tata cara shalat Idul Adha: 1. Niat salat; 2. Takbiratul Ihram (Allahu Akbar) sambil mengangkat kedua tangan;

3. Membaca Doa Iftitah; 4. Membaca Takbir sebanyak 7x pada rakaat pertama; Kemudian di sela sela setiap takbir membaca secara pelan (sirr):

"Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu Akbar" Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar 5. Membaca Surat al Fatihah dan surat pendek yang dihafal;

6. Ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua dan berdiri lagi; 7. Dalam posisi berdiri kembali pada rakaat kedua, membaca takbir sebanyak 5x seraya mengangkat tangan, di antara setiap takbir itu membaca secara pelan (sirr); Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu Akbar," seperti pada rakaat pertama.

Kemudian membaca Surat al Fatihah dan surat pendek yang dihafal. 8. Ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, tahiyyat dan diakhiri salam; 9. Selesai salam, kemudian disunnahkan khutbah Idul Adha.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, menjelaskan pelaksanaan salat Idul Adha bisa dilakukan sendiri dan berjamaah. Diwartakan sebelumnya, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, menjelaskan pelaksanaan salat Idul Adha bisa dilakukan sendiri dan berjamaah. Apabila dilakukan sendiri, maka hanya menjalankan shalatnya saja.

Cholil menjelaskan, dalam pelaksanaannya, memang ada shalat dan khutbah. Namun, sahnya shalat Idul Adha dan Idul Fitri tidak tergantung pada khutbah. Berbeda dengan shalat Jumat, tidak sah shalatnya apabila tidak ada khutbah.

Oleh karena itu, lanjut kiai Chalil, shalat Idul Adha dapat dilakukan tanpa adanya khutbah. "Kalau shalat Jumat itu, shalat Jumatnya tidak sah kalau tidak ada khutbahnya." "Oleh karena itu, shalat Idul Adha itu bisa shalat saja tanpa khutbah."

"Misalnya shalat sendiri, dia selesai hanya mengerjakan shalat,’’ kata Cholil melalui keterangan tertulis, Senin (19/7/2021). Waktu pengerjaannya bisa 2 3 menit, apabila hanya melakukan rukun khutbahnya saja. Dia meminta agar suami atau kepala keluarga berani menjadi imam dan khatib.

"Ketika di rumah bagaimana? Enak itu bisa shalat bersama dengan keluarganya bisa jadi imam, bisa jadi khatib depan keluarganya." "Kapan lagi mau jadi imam dan khatib di depan keluarganya," Cholil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.