Review Toyota Yaris G 2018 ini meski masuk dalam varian tengah, namun hatchback Toyota ini memiliki banyak penyempurnaan dan value for money.

Review Toyota Yaris G 2018 – Kiprah Toyota Yaris di Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bila dihitung, sudah 14 tahun Yaris menapakkan jejaknya di Tanah Air. Debutnya di tahun 2006 seolah menjadi air segar bagi para penikmat hatchback Toyota. Apalagi Toyota sempat tidak mengeluarkan hatchback kompak dalam rentang waktu cukup lama setelah era Toyota Starlet di tahun 1999. Dan Yaris seolah hadir untuk meneruskan tradisi tersebut yang kini dilanjutkan Toyota Yaris generasi ketiga.

Yaris sendiri hadir dengan mengusung konsep “All About Fun” yang menegaskan bahwa konsep Yaris sesuai untuk anak muda atau mereka yang berjiwa muda. Dengan postur yang kompak dan kabin yang luas, hatchback mungil ini berhasil meraih sambutan meriah dari para konsumen Indonesia.

 

Generasi pertamanya hadir dengan desain yang serba membulat dan mempunyai ergonomis interior yang sangat baik. Desain bulat dari lampu depan hingga bemper belakang membuat Yaris generasi awal ini disebut Yaris Bakpao. Dan kala itu Yaris ini hadir dalam tiga trim yaitu E, S, dan S Limited. Generasi pertama ini bertahan cukup lama dengan aneka model ekstensi, salah satunya adalah model Yaris TRD Sportivo. Total, Yaris bakpao bertahan selama delapan tahun di Indonesia.

 

Kemudian pada tahun 2014, PT Toyota Astra Motor selaku APM Toyota mengeluarkan generasi keduanya untuk menghindari kejenuhan pasar. Modelnya bisa dibilang berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Desainnya lebih boxy dengan tarikan garis tajam dari lampu depan hingga belakang. Bahkan moncong dan bempernya pun terlihat lebih mancung.

Generasi kedua fase awal ini diberi julukan Yaris “Lele” karena faktor warna hitam pada bemper depan. Desainnya memanjang ke bawah sehingga terlihat seperti sungut lele. Namun yang unik pada Yaris ini adalah transmisi otomatis menggunakan model CVT sehingga lebih halus perpindahannya. Sayangnya, sebagian konsumen menganggap Yaris Lele kurang berhasil meneruskan kejayaan generasi awalnya.

 

Menanggapi hal tersebut, PT TAM menjawab dengan memperkenalkan Toyota Yaris generasi ketiga, yang diklaim mempunyai segudang penyempurnaan. Mulai dari desain, performa, hingga kenyamanan berkendara. Model yang diperkenalkan kepada publik tahun 2018 ini mempunyai desain yang jauh lebih sporty. Seperti apa saja kelebihannya? Yuk kita bahas.

Review Toyota Yaris G 2018 : Eksterior Berjiwa Muda

 

Secara eksterior, tampilan dari Yaris yang diberi istilah populer Yaris ‘Joker’ ini mempunyai karakter yang terlihat agresif dan modern. Hal ini bisa dilihat dari konsep desainnya yang memang mengusung tema Sporty and Aggressive Design. Desainnya secara samar-samar masih ada persamaan dengan model sebelumnya yaitu Yaris ‘Lele’.

Namun di bagian depan, lampu Toyota Yaris G 2018 berubah total dengan model yang lebih halus tarikan garisnya. Selain itu desain bemper pun berubah total. Kini desainnya lebih mirip seringai dari tokoh fiktif di Batman, yaitu Joker.

 

Meski begitu, Toyota Yaris ini juga tetap mengusung teknologi canggih di eksterior. Seperti lampu depan yang sudah menggunakan proyektor untuk lampu utamanya. Dan juga di bagian belakang sudah memakai teknologi LED untuk bagian lampu kota dan lampu rem. Sayangnya, untuk bagian lampu sein dan mundur masih menggunakan teknologi bohlam biasa.

Review Toyota Yaris G 2018: Interior Lega dan Praktis

 

Bersambung ke interior, bisa dibilang ada beberapa perubahan di dalam interior Toyota Yaris G 2018 meskipun kasat mata. Perubahan terlihat dari desain dashboard yang lebih melandai dibandingkan model sebelumnya. Selain itu aksen sporty semakin diperkuat dengan permainan warna silver di beberapa panel.

 

Sekilas terdapat perubahan juga di bagian jok. Sedikit berbeda dibandingkan pendahulunya, jok pada model ketiga ini rasanya lebih memeluk badan dan terasa lebih empuk. Bisa dibilang, sensasinya seperti duduk di jok semi bucket.

Keunggulan luas kabin yang selama ini menjadi keunggulan Yaris pun juga tetap dipertahankan. Jok belakang bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40 bila Anda menginginkan kapasitas volume tambahan pada kabin. Jok yang terlipat pun juga cukup rata dengan lantai. Sehingga Anda bisa memuat sepeda ataupun barang lainnya ke dalam kabin.

 

Sayangnya, tempat penyimpanan pada Yaris ini tidak sebanyak generasi awal yang mempunyai dua laci di bagian pengemudi dan penumpang depan. Penyimpanan pada Yaris ini hanya terletak di laci penumpang depan serta konsol tengah antara jok depan. Dan tentunya di bagian door pocket masing-masing pintu.

Review Toyota Yaris G 2018: Sistem Hiburan Komplit dan Cerdas

 

Pada bagian entertainment, Toyota Yaris Joker dibekali dengan head unit layar sentuh 7 inci yang lumayan canggih. Bisa dioperasikan dengan layar sentuh, head unit ini juga bisa kompatibel dengan Miracast. Ditambah, bisa terkoneksi dengan Wi-Fi sehingga penumpang bisa browsing di head unit ini secara langsung. Selain itu tentu saja head unit berbasis Android ini kompatibel dengan CD, USB dan AUX.

Semakin mudah pengoperasiannya dengan hadirnya fitur Audio Switch Steering Control di bagian kiri lingkar kemudi. Fitur ini membuat kita bisa mengoperasikan head unit tanpa harus melepas tangan dari setir. Sehingga fokus pengemudi terhadap jalanan tidak berkurang.

Performa Efisien Toyota Yaris G 2018

 

Sayangnya Toyota Yaris Joker tidak dibekali dengan penambahan apapun di bagian dapur pacu. Mesinnya masih sama dengan model Yaris Lele yaitu 2NR-FE. Mesin ini memiliki kapasitas 1.496 cc dengan konfigurasi DOHC yang dilengkapi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan dari mesin kembaran Toyota Rush ini menghasilkan tenaga sebesar 107 Ps dan torsi 143 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau CVT yang berkarakter lembut.

SPESIFIKASI & Fitur

Dimensi

Panjang (mm) : 4.145

Lebar (mm) : 1.730

Tinggi (mm) : 1.500

Sumbu Roda (mm) : 2.550

Kapasitas Penumpang : 5 Penumpang

Mesin

Kapasitas : 1.496 cc

Konfigurasi : 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i

Bahan bakar : Bensin

Transmisi / Penggerak : Manual 5-Percepatan, CVT

Fitur & Harga

Keselamatan : 7 SRS Airbag, ABS, EBD, Brake Assist,

Berkendara : Vehicle Stability Control, Hill Start Assist

Hiburan : Monitor 7 inci head unit with Radio FM/AM, CD, MP3, USB, AUX dan Miracast,

Tambahan : Engine Immobilizer

HARGA : Rp 180.000.000

Leave a Reply

Your email address will not be published.