Membawa Barang dengan Skuter

NaikMotor – Skuter matik memang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain lebih praktis, skuter matik juga bisa membawa barang lebih banyak.

Meski begitu, membawa barang di setiap sepeda motor tidak boleh asal, khususnya skuter matik. Memang ada yang sudah dibekali dengan fitur double hook (gantungan barang ganda) seperti Yamaha Gear 125, tetapi tetap tidak boleh sembarangan.

Kehadiran double hook ini memang menguntungkan karena membawa lebih banyak barang. Namun, hal ini juga bisa jadi boomerang bagi sang pengendara bila tidak bijak dalam memakainya.

Untuk itu, Danang Hermanto selaku instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan 6 tips berkendara dalam membawa barang dengan skuter matik. (Galih/Prob/NM)

Berikut Berkendara Membawa Barang dengan Skuter Matik

1. Saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

2. Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari beban yang berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

3. Dimensi dari barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.

4. Barang juga bisa diletakkan pada bagasi. Hindari menaruh barang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa.

5. Tinggi barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

6. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, agar pengendara lain dapat tetap melihat sinyal lampu dari motor.

The post Tips Berkendara Membawa Barang dengan Skuter Matik, Tidak Boleh Asal! appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.