Saat ini, alat pembayaran non tunai digunakan oleh masyarakat untuk beragam keperluan, entah itu berbelanja, membayar parkir, membayar tol, membayar tagihan listrik dan lain sebagainya.

Dengan membayar secara non tunai, transaksi bisa berjalan lebih cepat dan anda tidak perlu membawa banyak uang dalam bentuk tunai.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan ketika anda memilih alat pembayaran non tunai dibandingkan membayar transaksi keuangan dengan uang Cash. Berikut diantaranya:

Apa Itu Alat Pembayaran Non Tunai?

Sebelum membahas apa saja manfaat dari alat transaksi pembayaran non tunai. Anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari alat pembayaran non tunai tersebut.

Secara sederhana, alat pembayaran non tunai adalah alat yang biasa digunakan untuk proses pembayaran suatu transaksi menggunakan kartu, cek, uang elektronik ataupun alat alat lainnya.

Dengan pembayan non tunai, transaksi pembayaran tidak lagi dilakukan dengan menggunakan uang kertas atau logam, melainkan menggunakan uang yang disimpan dalam bentuk digital.

Adapun, untuk contoh contoh dari alat pembayaran non tunai diantaranya adalah kartu kredit & debit, giro, cek, dompet digital, e-money, nota dan lain sebagainya.

Manfaat Pembayaran Non Tunai

Pembayaran non tunai tentu saja memiliki manfaat dan kerugian tersendiri bagi para penggunanya. Adapun, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari adanya alat non-tunai dalam transaksi pembayaran.

1. Transaksi Lebih Cepat

Dengan alat non-tunai transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini dikarenakan penghitungan akan dilakukan dengan mesin yang terotomatisasi dengan bantuan teknologi.

Contoh kecepatan transaksi dengan alat pembayaran non tunai misalnya terjadi diĀ  gerbang pintu tol. Dulu, ketika pembayaran masih menggunakan cash, penumpukan kendaraan biasanya terjadi karena lamanya proses transaksi tunai di loket tol.

Kini, dengan menggunakan E-Toll transaksi bisa dilakukan dengan cepat walaupun terkadang kemacetan masih saja terjadi karena pengguna kendaraan yang tidak membawa saldo e toll yang cukup.

2. Transaksi Lebih Aman

Sekarang anda tidak perlu lagi membawa uang cash dalam jumlah banyak ketika akan bepergian ataupun liburan. Selain ribet, resiko kehilangan uang di perjalanan sangat mungkin terjadi.

Dengan pembayaran non tunai, anda bisa membayar suatu transaksi hanya dengan menggunakan kartu ataupun aplikasi di ponsel anda.

Hal ini tentu lebih memudahkan masyarakat karena tidak perlu berinteraksi langsung dengan uang tunai yang kadang tercecer atau hilang ketika di perjalanan.

3. Pencatatan Keuangan

Salah satu hal yang menguntungkan dengan menggunakan alat pembayaran elektronik adalah anda bisa mengetahui histori atau riwayat dari transaksi yang pernah dilakukan.

Dengan seperti itu, anda bisa melacak kemana saja aliran uang anda keluar. Hal ini bermanfaat ketika misalnya anda melakukan evaluasi keuangan dan ingin melakukan manajemen keuangan sehari hari dengan baik.

 

Ini berbeda jika misalnya anda sering menggunakan pembayaran secara tunai. Transaksi akan sulit terlacak kecuali jika anda rajin mencatat setiap mengeluarkan biaya dalam sebuah transaksi.

Kekurangan Alat Pembayaran Tidak Tunai

Selain keuntungan dan manfaat. Tentu saja ada kekurangan dari jenis alat pembayaran ini. Diantaranya adalah adanya pembatasan untuk melakukan transaksi perharinya.

Selain itu, beberapa aplikasi non tunai juga mengharuskan anda untuk terhubung ke jaringan internet sehingga akan menyulitkan anda jika tidak memiliki kuota internet di handphone.

Pembayaran non tunai juga masih beresiko dalam hal kejahatan cyber. So, anda harus berhati hati ketika akan menggunakan layanan non tunai, utamanya layanan perbankan ataupun sejenisnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.